Warga Kelurahan Menteng menggelar kegiatan membaca dan mengkahatmkan Al-Quran akhir tahun 2022 di Lapangan Manunggal Kota Bogor.

Bogor, Aktual.com – Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menggelar kegiatan 1.000 warga Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat membaca dan mengkhatamkan Al-Quran menjelang akhir tahun 2022 di Lapangan Manunggal, sekaligus menyambut pembukaan lapangan yang belum lama diresmikan pada awal akhir Desember 2022.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim dalam sambutannya pada kegiatan itu, Sabtu (31/13) di Lapangan Manunggal menyatakan bangga peresmian lapangan yang yang dilakukan belum lama dapat isi oleh aktivitas membaca Al-Quran.

“Alhamdulillah dalam kesempatan ini kita dapat bersilaturahmi dalam kegiatan yang luar biasa di penghujung tahun 2022. Alhamdulillah khatam Al-Quran 1.000 warga Menteng,” katanya.

Menurutnya kegiatan membaca Al-Quran merupakan program revolusi mental yang sesungguhnya dengan pendidikan dan hal utamanya adalah bagaimana warga bisa khatam Al-Quran.

Ia berharap kegiatan yang diawali oleh warga Kelurahan Menteng itu bisa jadi contoh seluruh warga Kota Bogor dan nanti dapat ditiru oleh warga yang lain sehingga mampu menyumbang generasi emas 2045.

“Kemudian tentu, kegiatan ini seperti sudah disampaikan Lurah Menteng, Arif R Badrudin, kita harus mensyukuri ada Lapangan Manunggal yang sudah indah, ini adalah persembahan Kota Bogor untuk warga Menteng, tetapi dapat dinikmati oleh siapa saja,” katanya.

Ia mengemukakan bahwa Lapangan Manunggal merupakan simbol bahwa Pemerintah Kota Bogor ingin generasi muda bukan hanya kuat fisiknya, namun juga mentalnya.

“Punya kecakapan akan lebih dan mudah-mudahan mereka mempunyai ahlakul karimah, anak-anak yang sholeh dan sholehah, dan membantu mendorong negara kita menjadi baladatun toyyibatun warobbun ghofur,” kata Dedie A Rachim.

Lurah Menteng Arief R Badrudin menambahkan dari 20 RW dan 76 RT di kelurahannya membagi 1.000 orang warga ke dalam 30 kelompok hafidz.

Mereka dilatih selama dua bulan untuk khatam bersama di Lapangan Manunggal.

Ia menambahkan seluruh lapisan masyarakat di Kelurahan Menteng berpartisipasi, baik organisasi maupun masyarakat umum.

“Jadi esensinya kita ingin membumikan Al-Quran di Kelurahan Menteng dengan memanfaatkan Lapangan Manunggal yang baru diresmikan,” demikian Arief R Badrudin.

(Arie Saputra)