Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Jakarta, Aktual.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melihat bahwa Program Sertifikat Halal Gratis (Sehati) BPJPH merupakan terobosan penting yang akan membawa banyak implikasi positif bagi UMKM.

“Saya mengapresiasi Program Produk Bersertifikat Halal yang diinisiasi BPJPH pada tahun 2022, ini terobosan penting yang akan membawa banyak implikasi positif,” kata Yaqut dalam keterangan resminya dikutip Senin (28/3).

Ia juga mengungkapkan target sertifikasi halal gratis bagi 10 juta produk UMKM pada tahun 2022 merupakan tantangan dan loncatan besar yang mampu mendongkrak kinerja UMKM setelah terdampak pandemi Covid-19.

“Untuk mencapai target ini, dibutuhkan kerja-kerja yang luar biasa dan kolaboratif. Kita harus melakukan akselerasi transformasi layanan jaminan produk halal dan menjalin sinergi dengan banyak pihak,” ujarnya.

Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya akan terus berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya dukungan pembiayaan fasilitasi sertifikasi halal UMK.

Ia berharap Program Sehati dapat berjalan efektif atas komitmen yang kuat secara bersama-sama.

“Semoga sinergi dan kolaborasi ini dapat terus terjalin dan kita tingkatkan secara berkelanjutan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara luas oleh pelaku usaha khususnya UMK dan masyarakat pada umumnya,” katanya.

(Dede Eka Nurdiansyah)