Jakarta, Aktual.com – Sebanyak 1000 nelayan yang berada di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, akan mendapatkan asuransi jiwa secara gratis dari program Pemerintah Pusat.

“Kalau kita mendapatkan jatah dari Pemerintah sebanyak 1000 nelayan yang mendapatkan asuransi gratis,” kata Kepala Bidang Kelautan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Indramayu, Asep Suryana di Indramayu, Sabtu (29/10).

Asep menuturkan asuransi jiwa itu untuk nelayan yang memiliki kapal dibawah 10 grostone, jadi tidak semua nelayan mendapatkan asuransi jiwa gratis.

Selain itu para nelayan juga harus mempunyai kartu nelayan, karena kartu itu menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan asuransi.

Dan sampai saat ini, pihaknya sudah mendata sebanyak 600 nelayan yang terdaftar dan pihaknya terus mengebut untuk pendataannya.

“Sampai saat ini kami sudah mendata ada 600 nelayan dan target kami pada tanggal 25 November mendatang semua sudah terdaftar,” ujarnya.

Ia menambahkan para nelayan yang mendapatkan asuransi itu, nantinya akan mendapatkan klaim sebesar Rp200 juta, jika mereka mengalami kecelkaan ketika melaut dan meninggal dunia.

Untuk kecelkaan didarat ketika perjalanan melaut juga mendapatkan klaim, untuk luka-luka juga masuk didalamnya.

“Program ini sangat membantu bagi para nelayan, karena keluarga mereka bisa terjamin ketika tertimpa musibah,” katanya lagi.

ant

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Nebby