Anggota pasukan keamanan Irak menembakkan senjata artileri saat bertempur dengan militan Negara Islam dekat Falluja, Irak, Minggu (29/5). ANTARA FOTO/REUTERS/Alaa Al-Marjani/djo/16

Istanbul, Aktual.com – Serangan udara Turki “melumpuhkan” setidak-tidaknya 12 gerilyawan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang dilarang, di Irak utara.

Serangan udara pada Selasa itu membidik wilayah Hakurk di Irak utara. Selain itu gempuran terhadap gerilyawan diyakini tengah melakukan persiapan untuk serangan.

“Duabelas anggota organisasi teror separatis bersenjata, yang dalam persiapan menyerang, dilumpuhkan di Irak utara, Hakurk, oleh serangan udara, yang dilakukan pada 20 Maret,” kata militer, Rabu (21/3).

Turki secara teratur melakukan serangan udara terhadap PKK di Irak utara, tempat kelompok tersebut bermarkas di pegunungan Qandil.

PKK, yang dianggap kelompok teroris oleh Amerika Serikat, Uni Eropa dan Turki, melakukan pemberontakan tiga dasawarsa di sebagian besar wilayah Turki Kurdi, yang menewaskan sekitar 40.000 orang.

(Bawaan Situs)