Jakarta, Aktual.co —Pengamat Politik Energi Hendrajit mengatakan kalau skema pergulatan melawan mafia migas, sebenarnya konsekuensi strategisnya bisa sangat berbeda sekali, jadi ini hanya cuma mengganti aktor lama dengan yang baru,  aktor lama yang memiliki posisi di hilir bisa beralih ke hulu.

Kalau di lihat substansi geopolitiknya semua campur tangan asing dinegeri manapun termasuk Indonesia muaranya selalu pada penguasaan ekonomi dan pencaplokan Sumber Daya Alam (SDA). Hal itu disampaikan Hendrajit, saat mengikuti agenda diskusi yang digelar di Restoran Warung Daun, di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (14/9/2014).

Kemudian Hendrajit, juga mengatakan bahwa ada selintingan nama Darwin Silalahi, salah seorang presiden direktur Shell yang kabarnya akan menjadi salah satu menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Menurutnya dari semua itu yang harus dicermati adalah pengkaderan orang-orang yang akan menempati posisi strategis.

Lebih lanjut, Hendrajit juga mengatakan bahwa kabar Darwin Silalahi, yang masuk menjadi menteri ESDM, dapat dibuktikan dari struktur kabinet Jokowi-JK, apakah nama itu muncul atau tidak.

(Warnoto)