Jakarta, Aktual.com – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur mencatat sebanyak 15 kios dan enam rumah toko terbakar yang diduga disebabkan percikan api dari petasan.

“Akibat petasan yang dimainkan oleh anak-anak dan jatuh di sekitar kios sehingga menimbulkan kebakaran,” kata Kepala Seksi Operasi Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman di Jakarta Timur, Rabu (6/4) malam.

Dia menjelaskan petugas pemadam kebakaran mendapatkan laporan dari masyarakat sekitar pukul 21.14 WIB terkait kebakaran kios tersebut.

Sebanyak 10 unit mobil pemadam kebakaran dari Gulkarmat Jakarta Timur dibantu dua unit mobil damkar dari Gulkarmat Jakarta Utara kemudian dikerahkan menuju kios tersebut yang berada di Pasar Kayu Tinggi di Jalan Kayu Tinggi RT006/RW03, Cakung Timur.

Tak hanya itu, sebanyak 60 orang personel Damkar dikerahkan untuk memadamkan api melalap kios yang biasanya buka pagi hingga pukul 10.00 WIB itu.

Diduga karena letak kios yang berdekatan pada lahan seluas sekitar 100 meter persegi mempercepat api melalap 15 kios dan enam rumah toko (ruko) yang berada di sekitarnya.

Petugas kemudian memadamkan api sekitar pukul 22.00 WIB dan masih dalam proses pendinginan.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu karena kios dan ruko dalam keadaan tutup. ​​​​​Namun kerugian diperkirakan mencapai sekitar Rp150 juta.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)