Jakarta, Aktual.co —Suku Dinas Pertamanan Jakarta Selatan pada Senin (3/11) melakukan penebangan terhadap 1.500 pohon yang tersebar di sepuluh kecamatan wilayah Jakarta Selatan. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi dan meminimalisir jatuhnya korban saat terjadinya pohon tumbang di musim penghujan.

Kepala Suku Dinas Pertamanan Jakarta Selatan, Marfuah mengatakan pohon-pohon yang ditebang oleh pihaknya yakni pohon yag berjenis angsana. Dimana pohon tersebut merupakan pohon yang paling rawan jika terkena angin dan hujan.

“Untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan, dalam sebulan terakhir sudah ada sekitar 1.500 pohon yang kita pangkas,” katanya, Senin (3/11).

Dikatakan Marfuah pohon yang dipangkas, kata Marfuah, yaitu yakni pohon dengan cabang banyak dan berdaun rimbun. “Semakin rimbun, beban pohon akan makin berat. Makanya, kita kurangi bebannya agar saat kena angin kencang tidak tumbang,” jelasnya.

Ada beberapa lokasi di Jakarta Selatan yang memang rawan terjadi pohon tumbang. Dia menjelaskan, sejak Oktober 2013 hingga Maret 2014  sudah 144 pohon tumbang di wilayah Jakarta Selatan.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Andy Abdul Hamid