Timika, Aktual.com – Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua terus meningkat, hingga Jumat (12/5) ini sudah sebanyak 156 pasien telah dinyatakan sembuh dari paparan virus corona jenis baru itu.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra di Timika, Jumat malam, mengatakan terdapat penambahan delapan pasien sembuh dari COVID-19 di Mimika yaitu dua pasien dari RSMM Timika dan enam pasien dari RSUD Mimika.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada tim medis yang telah bekerja maksimal dalam merawat dan menangani pasien COVID-19 di tiga rumah sakit di Mimika sehingga jumlah pasien yang sembuh terus bertambah dimana sampai hari ini sudah 156 pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Mimika,” kata Reynold.

Hal yang menggembirakan, katanya, dengan sembuhnya dua pasien COVID-19 yang dirawat di RSMM Timika maka rumah sakit milik Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) yang dikelola oleh Yayasan Caritas Timika Papua (YCTP) itu tidak lagi merawat pasien COVID-19.

Adapun jumlah kumulatif kasus COVID-19 di Mimika hingga Jumat ini mencapai 330 kasus, dengan penambahan sembilan kasus baru yaitu satu spesimen dari RSUD Mimika dan delapan spesimen lainnya dari RS Tembagapura.

Hingga kini jumlah pasien aktif COVID-19 yang masih dirawat di dua rumah sakit di Mimika yaitu sebanyak 168 orang, terdiri atas 107 orang dirawat dan diisolasi di RSUD Mimika serta 61 orang dirawat dan diisolasi di RS Tembagapura.

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Mimika saat ini tersisa tujuh orang, lima orang diantaranya dirawat di RSMM Timika dan RSUD Mimika.

Jumlah orang dalam status sebagai ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 818 orang dan jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 866 orang.

Reynold menyebut hingga kini pihaknya masih menunggu konfirmasi terhadap 72 spesimen usap tenggorokan (swab) yang sementara dalam pemeriksaan di Laboratorium Puslitbangkes Provinsi Papua di Jayapura dan sebagian lagi diperiksa oleh Laboratorium Klinik Kuala Kencana milik PT Freeport Indonesia.
Semenjak akhir Maret hingga saat ini, Mimika telah mengirimkan sebanyak 2.054 spesimen usap tenggorokan untuk diperiksa oleh pihak laboratorium Puslitbangkes Provinsi Papua di Jayapura dan sebagian diperiksa oleh Laboratorium Klinik Kuala Kencana milik PT Freeport Indonesia.

Dari jumlah 2.054 spesimen yang diperiksa itu, sebanyak 330 spesimen dinyatakan positif dan 1.652 spesimen dinyatakan negatif.

Pasien meninggal dunia akibat terpapar COVID-19 di Mimika hingga saat ini tercatat sebanyak enam orang, dimana satu pasien baru dinyatakan meninggal dunia pada Kamis (11/6).

 

Antara

(As'ad Syamsul Abidin)