2000 personil gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa ratusan angkutan umum di kantor Gubernur Jatim, Selasa (3/10). (AH Budiawan/Aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Sedikitnya 2000 personil gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa ratusan angkutan umum di kantor Gubernur Jatim, Selasa (3/10).

Kapolrestabes Surabaya, Kombespol M. Iqbal mengatakan, personil gabungan itu terdiri dari Brimob, Sabhara Polda Jatim, Polrestabes Surabaya dan TNI.

“Memang hari ini seluruh angkutan di Surabaya mogok oprasi untuk ikut aksi unjuk rasa. Kurang lebih ada 1.500 massa,” ujarnya.

Jumlah personil itu tidak hanya disiagakan di lokasi unjuk rasa seperti kantor Gubernur, tetapi juga di beberapa titik rawan.

“Kan ada titik rawan seperti terminal tempat mereka kumpul. Kemudian jalan-jalan kuatir ada gesekan ketika melihat angkutan yang masih beroperasi.” lanjut Kombes Pol M Iqbal.

Dikatakannya, angkutan umum berunjuk rasa akan berkumpul dulu di beberapa titik dan pukul 10.00 WIB mulai bergerak menuju Tugu Pahlawan.

“Tapi sepertinya tidak ada angkot yang operasional. Pukul 13.00 WIB nanti akan diterima Gubernur. Hari ini semua bus dan mobil polisi dikerahkan untuk angkut anak sekolah,” kata Kombes Pol M Iqbal.

(Nebby)