BBM (Aktual/Ilst.Nelson)

Jakarta, Aktual.com — Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja, mengatakan bahwa pemerintah akan menurunkan kembali harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar dan jenis Premium.

“Januari Insya Allah udah berlaku harga solar turun Rp500/liter, untuk Premium tidak sampai Rp500/liter,” kata Wiratmadja dalam konferensi pers di Gedung Ditjen Migas, Kuningan Jakarta, Selasa malam (22/12).

Dalam penjelasan Wirat, sepengetahuan dirinya pemerintah akan mengumumkan penurunan harba BBM pada hari ini Rabu (23/12), akan tetapi pemberlakuan harga akan diterapkan pada 1 Januari 2016.

“Besok siang akan disampaikan oleh pak Menteri, Tapi berlakunya 1 januari,” jelasnya.

Sebagaimana diketahu sebelumnya bahwa Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Sudirman Said, pernah mengatakan akan meninjau kembali harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Kebijakan pemerintah menurunkan harga BBM tidak terlepas dari pengaruh harga minyak global yang sedang mengalami penurunan, selain itu kondisi ekonomi nasional juga sedang mengalami kelesuan, sehingga dilakukan penyesuaian harga BBM terhadap konsumsi masyarakat.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Dadangsah Dapunta
Editor: Arbie Marwan