Jakarta, Aktual.com – Petugas Polda Metro Jaya akan mengalihkan arus kendaraan yang melintasi Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, saat perayaan malam tahun baru dengan memberlakukan “Car Free Night”.

“Car Free Night akan diberlakukan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin mulai pukul 17.00 WIB hingga 02.00 WIB,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal di Jakarta, Kamis (31/12).

Iqbal mengatakan petugas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas yang menuju Cari Free Night.

Pengalihan arus kendaraan di Harmoni dari arah Jalan Suryo Pranoto menuju Jalan Sudirman-Jalan Thamrin diluruskan ke Jalan Juanda atau dialihkan ke kiri arah Jalan Gajah Mada dan Jala KH Hasyim Ashari-Grogol-Jalan S Parman maupun Daan Mogot dan seterusnya.

Kendaraan dari arah Hayam Wuruk menuju Jalan Sudirman-Jalan Thamrin dibelokkan ke kiri menuju Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Dr Sutomo-Gunung Sahari dan seterusnya.

Kendaraan dari Jalan Veteran menuju Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin dialihkan ke Jalan Suryo Pranoto-Tomang-Balikpapan-Kyai Caringin-Tomang Raya-Jalan S Parman atau ke kiri Jalan Gajah Mada maupun Jalan KH Hasyim Ashari-Grogol-Jalan S Parman maupun Daan Mogot dan seterusnya.

Pengalihan arus di Bundara Air Mancur bagi kendaraan dari Jalan Abdul Muis menuju Medan Merdeka Barat melalui traffic light Museum dialihkan ke Jalan Abdul Muis Fachrudin dan seterusnya.

Kendaraan dari Jalan Abdul Muis yang menuju Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin dialihkan ke Jalan Fachrudin dan seterusnya.

Kendaraan dari arah Kwitang Senen menuju Monas diputarkan di Doorbrak Gunung Agung atau melalui Jalan Medan Merdeka Timur-Gambir dan seterusnya.

Pengalihan arus di Jalan Kebon Sirih dan Sarinah, kendaraan dari Jalan Abdul Muis menuju Kebon Sirih dialihkan ke Jalan Fachrudin-Jalan KH Mas Mansyur dan seterusnya.

Kendaraan dari arah Jalan Agus Salim dibelokkan ke kanan menuju Kebon Sirih-Tugu Tani dan seterusnya.

Pengalihan arus di Dukuh Atas, arus kendaraan dari arah Sudirman menuju Thamrin dialihkan melalui Jalan BNI 46 Galunggung ke kiri menuju Jalan Pasar Baru Timur.

Arus kendaraan dari Jalan Karet Pasar Baru Timur menuju Jalan Jenderal Sudirman diluruskan ke arah Galunggung-Halimun.

Kendaraan dari Jalan Galunggung menuju Karet Pasar Baru Timur diarahkan ke kiri Jalan Jenderal Sudirman.

Pengalihan di Semanggi bagi kendaraan dari Jalan Jenderal Gatot Subroto menuju Sudirman dialihkan ke arah Senayan-Slipi dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Gatot Subroto menuju Sudirman dialihkan ke arah Blok M.

Kendaraan dari arah Sudirman menuju Thamrin dialihkan ke kiri Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Gatot Subroto menuju Sudirman diluruskan ke arah Jalan Gatot Subroto-Jalan HR Rasuna Said maupun Jalan MT Haryono.

Iqbal menuturkan petugas menyiapkan kantong parkir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, IRTI Monas, Istiqlal, Lapangan Banteng dan gedung parkir di sekitar lokasi Car Free Night.

Petugas gabungan juga ditempatkan bersama mobil derek sebanyak 12 unit guna mengantisipasi kendaraan mogok.

Artikel ini ditulis oleh: