Bandung, Aktual.com — Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar berharap tahun 2016 seluruh birokrat di Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa kerja cepat agar roda pemerintahan berjalan semakin baik dibandingkan tahun 2015.

“Harus kerja cepat tahun depan jangan sampai akhir tahun semuanya (serapan anggaran). Jangan nunggu lagi agar tidak krisis moneter seperti kemarin,” kata Deddy Mizwar, disela-sela acara Muhasabah Akhir Tahun 2015, di Masjid Pusdai Kota Bandung, Kamis malam.

Ia mengatakan banyak harapan dan asa yang ingin dicapai oleh setiap manusia di dunia ini pada tahun yang baru.

Sebagai orang yang baru dua tahun berada di pemerintahan, banyak harapan yang tercurah, baik harapan untuk daerah dan khususnya harapan untuk pemerintahan yang dipimpinnya.

Ia mengatakan, tahun baru harus menjadi momentum untuk kita agar selalu bersyukur atas apa yang telah diraih, serta senantiasa untuk mengikat tali silaturahim diantara sesama.

Sementara dari sisi pemerintahan, Wagub pun menginginkan perubahan dari segala bidang, seperti pemberantasan korupsi dan penegakan hukum, sistem anggaran, termasuk kinerja para pejabat dan pemerintahan di Indonesia.

“Saya harap masyarakat tetap bisa gembira, tetap ada pembelajaran di tahun baru ini,” kata dia.

“Perubahan, saya kira harus mulainya dari pemerintah. Jangan berharap perubahan dari masyarakat. Kita jangan berharap orang lain berubah, kita dulu yang berubah maka kita akan lihat orang lain berubah,” lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan mengenai kurangnya serapan anggaran yang sering kali terjadi setiap tahunnya.

Menurutnya, banyak hal yang menjadi penyebab hal itu terjadi, seperti UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan yang membuat aparatur pemerintah memiliki ketakutan untuk merealisasikan berbagai program pembangunan.

(Ant)

(Arbie Marwan)