TAHUN BARU DI ANCOL

Surabaya, Aktual.com — Kepolisian Daerah Jawa Timur mencatat provinsi di ujung timur Pulau Jawa itu relatif aman pada malam pergantian tahun 2015-2016.

“Alhamdulillah, aman, tidak ada kejadian menonjol hingga pergantian tahun,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol RP Argo Yuwono di sela mendampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji berkeliling Kota Surabaya, Jumat (1/1) dini hari.

Saat berkeliling kota untuk memantau situasi malam pergantian tahun itu, Kapolda Jatim memantau langsung situasi di kawasan Jembatan Suramadu dan Tanjung Perak.

“Pak Kapolda mengakhiri pantauan dengan merapat ke Gedung Negara Grahadi untuk merayakan malam pergantian tahun bersama jajaran Forpimda Jatim, diantaranya Gubernur dan Pangdam Brawijaya,” katanya.

Sebelumnya, Kapolda Jatim bersama jajaran Forpimda Jatim sepakat meliburkan “Car Free Night” di sejumlah kota, termasuk di Taman Bungkul Surabaya, guna mengantisipasi berbagai kemungkinan, diantaranya aksi teroris.

Pewarta Antara di Surabaya melaporkan situasi malam pergantian tahun 2015-2016 di Kota Pahlawan cukup ramai dengan “pesta” kembang api dan “dentuman” petasan yang bersahut-sahutan dari berbagai penjuru kota.

Selain itu, sejumlah warga juga membunyikan trompet bersamaan dengan “dentuman” petasan itu selama hampir satu jam saat menandai pergantian tahun dari 2015 ke 2016.

Sejumlah warga kota merayakan malam pergantian tahun di Taman Bungkul, Gedung Negara Grahadi, dan Balai Kota Surabaya, sehingga sejumlah kawasan sekitarnya terlihat macet.

Misalnya, kawasan di sekitar Bungkul terlihat macet, karena pengendara motor dihentikan petugas dalam jarak 300-an meter untuk berjalan kaki ke taman kota itu.

Namun, selepas kawasan itu, jalanan kembali lancar, meski sebagian warga kota juga banyak yang menanti pergantian tahun di tepi jalan, seperti terlihat di sepanjang trotoar di RSAL.

Sementara itu, aparat Polres Pelabuhan Tanjung Perak menggelar razia besar-besaran dengan sasaran kendaraan yang masuk Surabaya lewat Jembatan Suramadu.

Sekitar pukul 00.45 WIB, hujan rintik-rintik mengguyur beberapa kawasan di Surabaya, diantaranya di Wonokromo.

(Ant)

(Arbie Marwan)