Warga yang kembali dari kampung halamannya saat tiba di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (21/7/2015). Arus balik sudah terjadi mulai dari senin (20/7/2015) hingga lusa, mengingat aktifitas perkantoran bau akan terjadi usai cuti bersama dalam rangka idul fitri 2015 M/1436 H adalah Kamis (16/7/2015) hingga Selasa (21/7/2015). AKTUAL/JUNAIDI MAHBUB

Jakarta, Aktual.com — Terminal Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyiagakan 20 orang petugas Dinas Perhubungan guna melayani masyarakat selama musim libur tahun baru 2016.

“Petugas tersebut diinstruksikan untuk tidak libur dan tetap bersiaga selama arus balik libur tahun baru,” kata Kepala Terminal Cikarang, Muldiantoro di Cikarang, Sabtu (2/1).

Menurut dia, penyiagaan petugas tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat di terminal yang berlokasi di Desa Kalijaya, Cikarang itu.

“Yang kami lakukan ini sebagai bentuk antisipasi saja, guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang liburan menggunakan jasa angkutan umum melalui Terminal Cikarang,” katanya.

Menurut dia, 20 personel itu ditempatkan di sejumlah titik yang ada di Terminal Cikarang untuk mengatur arus keluar masuk kendaraan di pintu utama, maupun pengamanan di pos terminal.

“Personel yang tidak libur ini kami berdayakan dari tenaga teknis pengelolaan terminal,” katanya.

Muldiantoro memprediksi lonjakan jumlah penumpang akan terus terjadi hingga Senin (4/1). “Saat ini lonjakan penumpang berkisar 10 persen dari kondisi normal. Namun bisa kami tangani tanpa perlu menambah bus cadangan,” ujarnya.

Menurut dia, kondisi arus balik saat ini cenderung berkurang dari arus mudik sebelumnya, sebab mayoritas penumpang ada yang turun sebelum bus sampai di terminal.

(Ant)

(Wisnu)