Jakarta, Aktual.com — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memilih tidak banyak berkomentar terkait dengan penilaian akuntabilitas kinerja kementerian seperti yang dirilis oleh kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Menurut Anggota Dewan Majelis Syuro PKB, Maman Imanul Haq, partainya lebih condong memperhatikan sinergitas antar menteri. Pasalnya sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo tujuan akhir berpolitik adalah membangun kesejahteraan rakyat.

“Itu yang penting bagi kami,” ujarnya dalam diskusi di bilangan
Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/1).

Apalagi, menurut Maman, ada segi negatif lain dari hasil akuntabilitas
kinerja yang dirilis Kemenpan RB, yakni menciptakan spekulasi dan
kegaduhan.

“satu positif itu, soal penilaian,” lanjut anggota Komisi VIII DPR ini.

Kemenpan RB diketahui mempublikasikan nilai akuntabilitas kinerja kementerian/lembbaga negara pada 15 Desember 2015 melalui situs resminya.

Berdasarkan rapor tersebut, tiga kementerian yang dipimpin kader PKB berada di posisi 72 ke atas dari 86 instansi pemerintah yang dievaluasi. Rinciannya, Kementerian Tenaga Kerja berada di posisi 72 dengan nilai 57 dan predikat CC.

Lalu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi di peringkat 82 dengan nilai 53.97 serta predikat CC. Terakhir, Kementerian Pemuda dan Olahraga yang berada satu tingkat di bawahnya dengan nilai 53.54 dan peringkat CC.

 

Oleh: Fatah Sidik

Artikel ini ditulis oleh: