Megawati

Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menyoroti kerap berubahnya visi dan misi pembangunan ketika terjadi pergantian pemerintahan. Menurut dia, perlu adanya rencana jangka panjang, sehingga visi misi pembangunan tidak mudah berubah.

Istilah Megawati, bangsa Indonesia ibarat berdansa dengan sering gonta-ganti visi misi pembangunan.

“Lama-lama saya berpikir Indonesia senang dansa. Kapan benar lima tahun, dia maju. Kapan kurang bener, dia mundur lagi,” ucap dia, saat pidato di Rakernas I PDIP di Jakarta, Minggu (10/1).

Sambung Mega, “Maju mundur seperti tangan saya mungkin masih baik. Tapi maju satu langkah seperti poco-poco, lalu mundur 10 langkah. Itukah yang Indonesia inginkan?”

Kata dia, sudah saatnya Indonesia punya sebuah haluan pembangunan nasional jangka panjang. Yakni sebuah rencana berupa pola pembangunan nasional di segala bidang kehidupan negara dan masyarakat. Untuk membangun serentak dalam bidang ekonomi, politik, sosial, pendidikan dan kebudayaan dan juga bidan spiritual.

Kesemuanya itu, menurut Mega, harus ada dalam satu integrasi dan sinergitas. “Antar pulau, antar daerah, untuk menjadi Indonesia Raya,” ujar dia.

Artikel ini ditulis oleh: