Sejumlah penyidik KPK dibantu Aparat Polisi menggeledah ruangan 0621 milik anggota komisi V Fraksi PDI Perjuangan Damayanti Wisnu Putranti di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (14/1/2016). Damayanti Wisnu Putranti resmi menjadi tahanan lembaga antirasuah dan ditahan di Rutan KPK bersama enam orang lainnya yang diduga melakukan tindak pidana suap dalam pengamanan proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada APBN 2016 dengan barang bukti 99 ribu Dolar Singapura dari total komitmen sebesar 404 ribu Dolar Singapura.

Jakarta, Aktual.com — Pelaksana harian Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Yuyuk Andriati tetap ‘ngotot’ bahwa penggeledahan yang dilakukan penyidik di beberapa ruangan Komisi V DPR, Jumat pekan lalu sudah sesuai dengan prosedur.

“Sudah kami tegaskan bahwa semua prosedur penggeledahan sudah sesuai aturan berlaku, tidak ada perbedaan penggeledahan di DPR dan sebelumnya,” ujar Yuyuk di kantor KPK, Senin (18/1).

Terlebih, soal penggunaan personil Brimob yang menggunakan laras panjang biasa KPK lakukan. Karena KPK memang selalu meminta bantuan dari kepolisian.

“Kalau dikatakan Brimob bersenjata lengkap memang karena itu standar dan tujuannya adalah mengamankan pengeledahan menjaga ketertiban pelaksanaan dan pihak yang digeledah dan risiko dari luar,” ujar dia.

“Sekali lagi, ini sesuai dengan ketentuan Pasal 127 dan Pasal 128 KUHAP,” ujar Yuyuk.

Namun demikian, pasal 127 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana tertuang “Untuk keamanan dan ketertiban penggeledahan rumah, penyidik dapat mengadakan penjagaan atau penutupan tempat yang bersangkutan. Dalam hal ini penyidik berhak memerintahkan setiap orang yang dianggap perlu tidak meninggalkan tempat tersebut selama penggeledahan berlangsung.”

Sementara pasal 128 teruang “Dalam hal penyidik melakukan penyitaan, terlebih dahulu dia menunjukkan tanda pengenalnya kepada orang dari mana benda itu disita.”

Sedangkan, Fahri memprsoalkan penyidik KPK yang membawa personil Brimob dengan dipersenjatai laras panjang. Hal itu lah yang kemudian dianggap Fahri KPK berlebihan.

Sedangkan menurut Yuyuk terkait penggeledahan itu sudah tertuang nama yang dituju. Padahal dalam surat tersebut hanya mencantumkan ruangan Damayanti yang merupakan tersangka di KPK.

“Pertama mengenai pencatuman nama ‘Damayanti, dkk’. Jadi itu adalah tidak menunjukkan tempat penggeledahannya, tapi menunjukkan penggeledahan itu dilakukan untuk perkara atas nama tersangka Damayanti dkk,” ujar Yuyuk.

Selanjutnya mengenai pencantuman “Jakarta” dan bukan “Januari” Yuyuk mengungkapkan hal itu menunjukkan lokasi penggeledahan.

“Itu yang tercantum dalam surat penggeledahan adalah lokasi penggeledahan. Jadi lokasi penggeledahan akan dilakukan di mana,” tambah Yuyuk.

Terkait tidak adanya nama penyidik Christian, Yuyuk pun membantahnya.

“Mengenai nama penyidik Christian disebut dalam surat perintah penggeledahan, kalau ada penambahan personel di luar nama penyidik yang menangani perkara, itu disebut dalam surat perintah tugas dan di situ ada nama penyidik Christian,” ujar Yuyuk.

KPK menggeledah ruang anggota Komisi V dari fraksi PDI-Perjuangan Damayanti Wisnu Putranti, anggota Komisi V dari fraksi Partai Golkar Budi Supriyanto dan ruang kerja anggota Komisi V dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera Yudi Widiana pada Jumat (15/1) dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji oleh anggota DPR terkait proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun anggaran 2016.

Namun penggeledahan itu diprotes oleh Wakil Ketua DPR dari fraksi PKS Fahri Hamzah yang keberatan dengan keberadaan pasukan Brimob bersenjata lengkap di gedung DPR. Fahri juga mempersoalkan sejumlah hal seperti surat penggeledahan menuliskan “atas nama Damayanti Wisnu Putrianti anggota Komisi V dan kawan-kawan” sehingga tidak ada nama Budi maupun Yudi. Serta surat tugas yang tertera adalah “14 Jakarta 2016, bukan 15 Januari 2016”.

Hal lain yang dipersoalkan adalah tidak ada nama penyidik Christian dalam surat tugas itu. Padahal Christian lah yang sempat berdebat dengan Fahri saat penggeledahan berlangsung.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Wisnu