Tentara Iraq berhasil mengusir ISIS keluar dari Mosul. (ilustrasi/aktual.com)

Kirkuk, Aktual.com – Kelompok bersenjata IS berhasil menyergap iringan-iringan petempur pendukung pemerintah di dekat kota Kirkuk, kawasan utara Irak. Akibat peristiwa tersebut sedikit-dikitnya 25 orang tewas.

Sebelumnya, kepolisian dan komandan petempur mengatakan bahwa 12 orang tewas dalam pertempuran itu dan 10 orang hilang. Namun, mereka kemudian menemukan 13 mayat lain dengan banyak luka tembak di dekat tempat kejadian tersebut.

IS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Petugas keamanan mengatakan bahwa pasukan Irak mengejar anggota IS, yang menyamar dengan mengenakan seragam kepolisian saat melakukan sergapan terhadap petempur.

Pada bulan ini, pemerintah Irak memulai operasi militer untuk mengonsolidasikan kekuasaan di daerah pegunungan di dekat kota Kirkuk yang kaya minyak. Daerah itu akan digunakan sebagai wilayah transit minyak Irak, namun kini menjadi rebutan antara dua kelompok bersenjata.

Irak pada Desember menyatakan kemenangan atas IS, yang sempat menguasai hampir sepertiga wilayah negara itu pada 2014. Namun, IS hingga kini mampu melakukan sejumlah serangan dan pengeboman di Banghdad dan beberapa kawasan lain di Irak.

(Andy AbdulHamid)