Pemudik bersepeda motor memadati jalur roda dua di kawasan Karawang, Jawa Barat, Selasa (13/7) malam. Memasuki H-3 Lebaran malam para pemudik bersepeda motor mulai memadati kawasan Karawang sehingga terjadi kemacetan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./kye/15

Cirebon, Aktual.com — Semua Polsek di bawah Polres Cirebon, Jawa Barat, yang berada di jalur pantura menjadi “rest area” dan siap memberi layanan bagi para pemudik.

Kapolres Cirebon AKBP Sugeng Hariyanto di Cirebon, Sabtu (11/6), mengatakan untuk semua Polsek yang berada di jalur pantura, akan menjadi rest area bagi para pemudik dan juga akan disediakan semua kebutuhan bagi pemudik.

“Nanti Polsek yang ada di jalur pantura akan dijadikan rest area dan kami akan menyiapkan minuman, toilet dan sebagainya,” katanya.

Sugeng menuturkan dijadikannya Polsek sebagai rest area merupakan perintah langsung dari Kapolda Jawa Barat, itu merupakan bentuk pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan.

Selain di Polsek, nantinya akan didirikan beberapa pos penjagaan untuk memberikan rasa aman bagi para pengendara yang akan melintasi jalur pantura.

“Setiap dua kilometer nantinya akan ada pos penjagaan, agar para pemudik bisa nyaman dan kami sediakan minuman,” tuturnya.

Sementara itu untuk arus mudik H-3 lebaran 2016 dua pasar yang berada dijalur pantura sudah sepakat ditutup untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi, karena adanya pasar tumpah.

Karena ke dua pasar tersebut dari tahun-tahun sebelumnya merupakan titik macet di jalur pantura, untuk itu pihaknya sudah sepakat dengan para pedagang, agar tidak lagi berjualan saat arus mudik nanti.

“Kami sudah membuat kesepakan dengan para pedagang untuk tidak berjualan pada H-3 lebaran,” tambahnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Antara
Editor: Arbie Marwan