Jember, Aktual.com – 3 dari 4 gua baru yang ada di Kecamatan Wuluhan, saat ini mulai diexplorasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Jember. Kegiatan ini dilakukan untuk membuka obyek wisata baru, semaligus mengekspplorasi potebsi wisata alam yang ada di Kabupaten Jember. Selain menarik untuk dijadikan wisata petualang, di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan juga terdapat 4 gua yang tersembunyi, bahkan salah satunya menyimpan potensi kepurbakalaan, yakni gua Sodong, Gua Marjan dan Gua Lowo, sedangkan gua yang menyimpan potensi kepurbakalaan adalah Gua Watangan.

Kepala Dinas Pariwisata Harry Agustriyono menyatakan, pihaknya bersama dengan tim serta unsur Muspika Wuluhan dan Pemdes Desa Lojejer, Rabu (7/12) melakukan peninjauan lokasi gua yang ada di Desa Lojejer untuk mendukung potensi wisata yang ada di Kecamatan Wuluhan.

“Kami bersama tim dari Dinas Pariwisata serta didampingi oleh Kasi PMKS dan Satpol PP kecamatan, dari Polsek, dan juga dari Pemdes, melakukan peninjauan terhadap 3 gua yang baru ditemukan, yakni gua Sodong, Gua Marjan dan Gua Lowo, sebelumnya tim juga mengunjungi gua Watangan yang ada di Desa Lojejer juga,” ujarnya.

Harry mengatakan, kunjungan tim dari Dinas Pariwisata bertujuan untuk memetakan dan melihat akses yang bisa dilalui oleh wisatawan, serta melakukan identifikasi dan dokumentasi untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

“Kunjungan ini untuk melakukan identifikasi serta pemberian akses ke lokasi, selain itu juga untuk pendataan dan dokumentasi yang bisa kami informasikan ke masyarakat,” ujarnya.

Sementara dari data yang diterima media ini, jumlah gua di desa Lojejer, tidak hanya, Gua Sodong, Gua Marjan, Gua Lowo dan Gua Watangan, namun ada beberapa gua yang juga pernah dikunjungi oleh masyarakat, diantaranya Gua Maelang, Gua Semedi dan Gua Macan.

“Di desa kami terdapat beberapa gua, mungkin ada puluhan, hanya saja belum semua terjamah, sedangkan yang sudah pernah di kunjungi oleh masyarakat bahkan dilakukan penelitian, yakni Gua Macan, Gua Semeda, Gua Maelang dan Gua Watangan, sedangkan 3 gua yang lain belum lama ini ditemukan,” ujar M. Soleh Kades Lojejer.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)