Mekkah, aktual.com – Seorang calon haji khusus atas nama Rochma Erviana Prastyawati (62) meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi karena serangan jantung pada Selasa (22/6) pukul 08.15 waktu Arab Saudi (WAS).

Kepala Bidang Pengawas Haji Khusus PPIH Arab Saudi 1443 H/2022M Mujib Roni di Mekah, Selasa 922/6), mengatakan bahwa Rochma merupakan jemaah PT Goenawan Era Wisata yang tiba di Tanah Suci pada tanggal 18 Juni 2022.

Sebelum meninggal, Rochma mengalami sesak napas sekitar pukul 07.40 WAS, Selasa, saat berada di dalam bus berencana hendak tur keliling kota Madinah.

Rochma lantas diturunkan dari bus dan dibawa ke kamar dengan diberikan bantuan oksigen serta dilakukan pemberian obat. Akan tetapi, dia tetap merasakan sesak napas.

Pukul 08.05 WAS dilakukan resusitasi namun yang bersangkutan tidak tertolong. Pada pukul 08.15 WAS tim ambulance emergency datang, kemudian memeriksa kondisinya namun Rochma telah meninggal dunia

Setelah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait, antara lain, Kepala Daker Madinah, Konsul Haji, dan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) sampai keluar sertifikat kematian (CoD-Certificate of Death) dan KKHI membuat surat pengantar untuk penguburan jenazah.

Pada pukul 11.30 WAS jenazah dibawa ke RSAS dibantu oleh Tim Dokter KKHI untuk dilakukan pemakaman, lalu pukul 12.00 WAS jenazah dimakamkan di Pemakaman Uhud Kota Madinah.

Meninggalnya Rochma menambah daftar jemaah haji yang meninggal di Tanah Suci menjadi delapan orang.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Antara
Editor: Rizky Zulkarnain