Ilustrasi Kapal di Kepulaun Seribu Jakarta

Jakarta, Aktual.com – Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyediakan sebanyak 41 armada kapal laut untuk melayani kebutuhan wisatawan bertahun baru di Kepulauan Seribu.

“Masyarakat yang menggunakan kapal bisa melalui Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke, di sana ada kapal Dishub dan kapal rakyat,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Selasa (20/12).

Ia merinci sebanyak 41 armada kapal laut itu yakni sebanyak 22 kapal yang dilayani kapal milik Dinas Perhubungan DKI dan 19 kapal lainnya adalah kapal rakyat.

Ia mengimbau calon penumpang atau wisatawan untuk berangkat pada pagi hari karena saat sore hari sudah tidak ada pelayaran mencermati kondisi cuaca dan tinggi air laut yang mulai meninggi.

“Kami imbau berangkat merayakan tahun baru pada 31 Desember ke Pulau Seribu bisa berangkat hari Jumat, ada layanan atau pas Sabtu pagi bisa berangkat sehingga malamnya bisa melakukan kegiatan,” imbuh Syafrin.

Pemprov DKI menetapkan tujuh lokasi perayaan malam tahun baru yakni di Jakarta Pusat dipusatkan di Thamrin 10, Jakarta Utara dan Jakarta Barat di masing-masing kantor wali kota.

Kemudian di Jakarta Selatan di Setu Babakan dan di Jakarta Timur di Old Shanghai, Cakung serta di Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa.

Puncaknya kegiatan malam tahun baru dijadwalkan berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur.

Khusus di Kepulauan Seribu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu salah satunya terkait kesiapan akomodasi di Pulau Untung Jawa.

“Biasanya di Pulau Untung Jawa ada ‘homestay’ untuk wisatawan menginap,” kata Syafrin.

Selain menginap di sejumlah penginapan yang salah satunya dikelola warga setempat, wisatawan di Pulau Untung Jawa juga dapat mendirikan tenda yang dapat dilakukan di bibir pantai.

(Arie Saputra)