Jakarta, Aktual.com – Ketinggalan zaman banget jika kamu masih belum mengenal Facebook. Media sosial yang satu ini sudah begitu terkenal di dunia, termasuk Indonesia. Dengan memiliki akun Facebook, kamu bisa dengan mudah berinteraksi dengan pengguna lain. Meski dilengkapi dengan segudang fitur yang keren, pasti akan ada waktu dimana kamu bosan dengan media sosial ini. Saat rasa bosan itu muncul, kamu bisa mencoba beberapa media sosial mirip facebook ini.

Menurut sosialinternet.com, masih banyak media sosial yang belum dikenal oleh pengguna internet. Padahal banyak fitur yang lebih seru dan tidak bisa ditemukan saat bermain Facebook. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak media sosial apa saja yang dimaksud.

  1. Vero

Meski baru diluncurkan pada tahun 2015, Vero mampu menjadi pesaing berat Facebook dalam kategori media sosial. Jika diperhatikan, fitur dari Vero merupakan gabungan dari beberapa media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube hingga Twitter. Tak heran jika banyak pengguna dari beralih ke layanan Vero.

Kamu bisa dengan mudah berbagi video melalui Vero dan mengatur siapa saja yang boleh melihat video yang dibagikan. Kamu tidak akan terganggu dengan iklan, karena dari pihak Vero sendiri tidak menampilkan hal tersebut. Dengan begitu, kamu akan merasakan bagaimana menggunakan media sosial yang sesungguhnya.

      2. MeWe

Pengembang MeWe sangat tidak ingin jika layanannya disebut mirip dengan Facebook. Bahkan mereka menyebut layanan yang dibuat sangat “anti-Facebook”, meskipun jika diperhatikan tampilan antarmukanya cukup mirip. Saat ini MeWe tersedia secara gratis. bahkan perusahaan tidak menampilkan iklan apapun.

Melalui layanan MeWe ini, kamu bisa mendapatkan teman baru dan kemudian berkomunikasi tanpa ada batasan. Media sosial ini dikenal sangat mementingkan privasi, sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan hal itu. Kamu bisa mencoba MeWe untuk berbagi video maupun foto dan berteman dengan banyak orang.

     3. Ello

Saat bermain media sosial, privasi sebagai pengguna memang kerap dikhawatirkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir saat mencoba bermain Ello. Layanan ini diketahui tidak menjual data pengguna baik ke pengiklan maupun pihak yang lainnya. Dengan begitu, kamu akan lebih leluasa dalam menikmati berbagai fitur yang tersedia.

Ada kebebasan tersendiri jika kamu menggunakan Ello. Pihak pengembang tidak mengharuskan kamu untuk menggunakan nama asli. Dengan begitu, kamu bisa menyembunyikan data agar tidak disalahgunakan orang lain.

     4. Minds

Minds bisa dibilang tidak sepopuler media sosial yang lainnya. Akan tetapi, untuk urusan fitur tidak bisa diremehkan lagi. Kamu bisa menikmati fitur pembuat video yang ramah untuk smartphone hingga dompet blockchain untuk menyimpan berbagai token cryptocurrency.

Saat menggunakan media sosial ini, kamu bisa mendapatkan hadiah token dari hasil menjual konten digital maupun langganan premium kepada penggemar.

Layaknya media sosial pada umumnya, kamu juga bisa berinteraksi dengan pengguna lain. Sebagian besar pengguna Minds berasal dari luar negeri, dengan begitu kamu akan merasakan suasana bar saat berkomunikasi dengan mereka.

     5. Sebangsa

Sebangsa merupakan platform media sosial karya anak bangsa yang berkonsep komunitas. Kamu bisa berinteraksi dengan teman-teman yang ada di komunitas yang sama untuk berdiskusi tentang sesuatu.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa membuat komunitas sendiri dan mengajak orang lain untuk bergabung. Sudah selayaknya untuk kita turut berkontribusi dalam berkembangnya platform ini.

Itulah beberapa media sosial mirip Facebook yang bisa kamu coba. Setiap media sosial pasti memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Daripada penasaran, langsung saja kamu coba untuk menikmatinya.

(Nurman Abdul Rahman)