Ilustrasi jus sayuran/ANTARA

Jakarta, Aktual.com – Orang dengan berat badan berlebih bisa berdampak terhadap kepercayaan dirinya. Selain itu, berat badan yang di ambang batas berpengaruh terhadap kesehatan.

Ada beberapa cara untuk mengurangi berat badan baik diet atau olahraga. Mengonsumsi makanan dan minuman sehat juga bisa untuk menurunkan berat badan.

Berikut ini ada 5 jenis minum yang bisa bantu turunkan berat badan dengan cepat dilansir dari JPNN.

1. Air

Air dianggap tidak memiliki kalori sehingga dianggap minuman paling sehat. Manfaat air antara lain memfasilitasi proses metabolisme, fisiologis dan membantu detoksifikasi.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi air secara rutin agar bisa menurunkan berat badan.

2. Teh Hijau

Kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya menjadikan teh hijau salah satu minuman yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi menunjukkan, minum teh hijau selama 12 minggu bisa bantu mengurangi berat badan sebanyak 0,2 hingga 3,5 kg. Penyebabnya adalah kandungan katekin dan antioksidan meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme.

Teh hijau juga mengandung kafein sehingga bisa meningkatkan energi dan meningkatkan kinerja saat berolahraga.

Manfaat lainnya adalah teh hijau membantu tekanan darah menjadi lebih rendah dan mencegah risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

3. Teh Hitam

Teh hitam kaya akan kandungan polifenol. Polifenol adalah antioksidan kuat yang bisa membantu mengurangi berat badan.

Khasiat dari teh hitam adalah membantu mengurangi asupan kalori, merangsang kerusakan lemak dan meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang ramah.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel punya banyak manfaat untuk kesehatan. Para peneliti mengungkapkan cuka sari apel dapat membantu mengurangi berat badan.

Dari sebuah penelitian, cuka sari apel yang dikonsumsi bersama diet kalori terbatas menunjukkan penurunan berat badan.

Asam asetat dalam cuka sari apel bisa merangsang penurunan berat badan.

Cuka sari apel juga bisa membantu mengurangi kadar insulin, meningkatkan metabolisme, menekan nafsu makan dan membakar lebih banyak lemak.

5. Jus Sayur

Mengonsumsi jus sayur secara rutin dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Selain itu, jus sayuran bisa mengurangi konsumsi karbohidrat karena konsumsi nabati yang meningkat.

(Shavna Dewati Setiawan | JPNN)

(Aktual Academy)