Jakarta, Aktual.com – Sebanyak 500 ulama pimpinan pondok pesantren dan ormas Islam Banten akan menghadiri Multaqa Ulama Nusantara di Pesantren Modern Al Mubarok, Kota Serang, Banten, Minggu (25/3).

“Multaqa ini untuk mempererat persatuan umat agar tidak terbelah ketika ada hajatan pemilihan kepemimpinan nasional,” kata Sekjen Multaqa Ulama Nusantara KH Aly Abdil Barr dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat (23/3).

Menurut dia, acara yang dihelat Majma Buhuts al-Islamiyah itu dilatarbelakangi keinginan menjalin kerja sama antarulama dan umat menyikapi berbagai persoalan bangsa.

“Kegiatan juga diharapkan makin memperat tali persaudaraan sesama muslim, ulama, umara (pemimpin negara), dan umat dalam menjaga NKRI,” kata Kiai Aly.

Ia menjelaskan, pertemuan ini juga untuk memberikan masukan atau amanat agar umat Islam mendukung dan mendorong adanya pemimpin nasional yang benar-benar peduli kepada umat Islam, pesantren, dan madrasah. “Apalagi dia berasal dari kalangan santri,” ujarnya.

(Andy Abdul Hamid)