Bintan, aktual.com – Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) pada tahun 2019 ini menyerahkan bantuan seragam gratis kepada 6.775 siswa SD dan SMP di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir, di Bintan, Sabtu menjelaskan bahwa jumlah seragam sekolah yang dibagikan tahun ini untuk siswa SD 3.325 orang, siswa MI 3.575 orang. Kemudian untuk siswa SMP 2.831 orang dan untuk siswa MTs 369 orang.

“Bantuan itu sudah diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi pekan kemarin,” katanya kepada ANTARA.

Tamsir menjelaskan total anggaran yang dihabiskan untuk bantuan seragam gratis itu sebesar Rp. 5.036.235.000. Dengan rincian bantuan berupa lima seragam sekolah, sepatu dan kaos kaki serta tas.

“Untuk SD/MI sebesar Rp 2.743.125.000 dan SMP/MTS sebesar Rp 2.293.110.000,” katanya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi, menyatakan bantuan seragam gratis menjadi salah satu program unggulan menuju Bintan Gemilang.

Menurut dia program peduli pendidikan tersebut sudah berjalan selama tiga tahun terakhir, dan mendapat pendampingan hukum dari Kejaksaan Negeri Bintan.

“Selama tiga tahun program seragam gratis itu berjalan, total sudah ada sekitar 21 ribu anak yang menerima bantuan,” katanya.

Ia menegaskan, pendidikan merupakan investasi masa depan bagi generasi bangsa Indoneska ke depan, khususnya anak-anak di Bintan. Maka itu, ia selalu berpesan kepada guru dan seluruh orangtua agar selalu memperhatikan pendidikan anak-anak.

Dia mencontohkan di negara maju, pendidikan tidak semata bisa membaca dan menulis serta berhitung. Namun, bagaimana mendidik anak terkait ahlak hingga sikap sopan dan santun.

“Diperlukan kerja sama orangtua dan guru, serta semua pihak agar anak-anak Bintan nantinya menjadi anak yang berbudaya memahami ilmu dan pengetahuan,” demikian Apri Sujadi. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)