Padang Aro, Aktual.com – Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperindag Perindustrian dan Perdagangan Solok Selatan Sujarno ancam 67 koperasi tidak aktif di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dibekukan.

“Kita sudah menyurati 67 koperasi tidak aktif tersebut dan menunggu tanggapan dari pengurus hingga Maret 2017. Koperasi yang tidak aktif ini rata-rata sudah dua tahun lebih,” kata Sujarno di Padang Aro, Selasa (27/12).

Sampai saat ini, lanjut dia, tanggapan dari koperasi tidak aktif beragam seperti ada yang ingin aktif kembali dan juga ada yang bersedia dibubarkan. “Ini baru tanggapan secara lisan.”

Untuk yang ingin kembali aktif, jelasnya pemerintah daerah sebagai pembina mendorong membuat kepengurusan baru. Tapi apabila hingga Maret 2017, sebutnya tidak ada tanggapan maka akan diusulkan kepada Kementerian untuk dibekukan badan hukumnya.

“Permasalahan koperasi kebanyakan dari anggotanya yang tidak respon.”

Terkait koperasi yang masih aktif, sebutnya hingga sekarang baru 23 koperasi yang sudah melaporkan melaksanakan Rapat Akhir Tahunan. “Sisanya sudah kami surati untuk segera melaksanakan RAT.”

Dia menambahkan sepanjang 2016 pihaknya sudah melakukan pembinaan kepada koperasi seperti penataan administrasi, mengingatkan tugas pokok anggota serta penyusunan keuangan.

“Dengan pembinaan yang kita berikan koperasi bisa lebih baik lagi dalam pelaporan serta administrasinya.”

(Wisnu)