Jakarta, Aktual.co — Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Saptastri Ediningtyas mengatakan pihaknya akan mengerahkan sekitar 750 petugas untuk menjaga kebersihan pada acara Festival Budaya Jakarta Marathon 2014. 750 petugas, akan disebar di titik-titik yang menjadi rute lintasan lari di sepanjang wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.
Ratusan petugas ini, akan mulai bertugas dari pukul 00.00 WIB, tanggal 26 Oktober 2014 untuk mensterilkan wilayah-wilayah yang akan dilalui peserta, mengingat acara perlombaan akan dimulai pada pukul 05.00 WIB.
“Mulai pukul 00.00 WIB hari Minggu. personil kami mulai bergerak membersihkan seluruh rute. Kemudian pukul 03.00 WIB seluruh rute ditargetkan steril dari sampah, pukul 09.00 WIB setelah Jakarta Marathon, personel kebersihan akan kembali bergerak membersihan lokasi eks marathon,” ujar Saptastri di Jakarta, Sabtu (25/10).
Selain mengerahkan 750 petugas, Dinas Kebersihan DKI Jakarta juga akan menyiapkan lima penyapu jalan otomatis, tujuh truk sampah, 26 kijang lintas pengawas kebersihan, 14 toilet mobile, empat unit truk tangki air bersih, tiga unit truk tinja, 100 tong sampah roda, 1.000 kantong sampah, dan 750 sapu lidi.
Dengan persiapan-persiapan tersebut, Dinas Kebersihan yakin pada acara tersebut akan bebas dari sampah. Namun, ia juga menghimbau kepada peserta ataupun masyarakat yang berpartisipasi pada acara tersebut untuk sama-sama menjaga kebersihan dengan tidak mebuang sampah di sembarang tempat, mengingat pada pengalaman acara kirab Jokowi lalu, walaupun sudah dipersiapkan secara matang namun masih saja ada sampah yang menumpuk akibat kurangnya kesadaran masyarakat.
“Kami berharap seluruh warga Jakarta khususnya yang akan menyaksikan acara itu untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya.
Sebagai informasi, Festival Budaya Jakarta Marathon merupakan acara Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang akan diselenggarakan di Monumen Nasional pada 26 Oktober mendatang sejak pukul 05.00-12.00 WIB. Festival Budaya Jakarta Marathon akan  memulai start di Monas menuju Jalan Gajah Mada, Hayam Wuruk, berputar di Kota Tua. Kemudian, kembali lagi ke Monas, menyusuri Thamrin, Sudirman menuju arah Kuningan, Tendean, dan kembali lagi ke Monas.
Acara tersebut memperlombakan lima kategori. Yakni, Marathon 42,195 kilometer, Half Marathon 21 kilometer, 10K (10 kilometer), 5K (5 kilometer), dan Maratoonz (khusus anak-anak).

(Nebby)