Jakarta, Aktual.co — PT Pertamina (Persero) berencana akan meningkatkan kapasitas kilang di lima daerah. Dengan begitu, diharapkan nantinya kapasitas kilang akan bertambah. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang.

“Pada tanggal 10 Desember nanti bertepatan dengan HUT Pertamina, kami akan menandatangani kontrak kerjasama peningkatan kilang minyak di wilayah Balongan, Cilacap, Balikpapan, Plaju dan Dumai. Dalam pengerjaannya, Pertamina akan menggandeng empat perusahaan minyak asing diantaranya CNOOC, JX Nippon Oil and Energi Corp, Saudi Aramco, dan PTT Thailand,” kata Ahmad saat ditemui di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (3/12).

Dia menjelaskan, dalam pembangunan tersebut Pertamina hanya menyediakan tanah dan kilang. Sedangkan empat perusahaan asing tersebut menyediakan crude oil (minyak mentah) dan teknologi. Mekanisme kerjasamanya akan menerapkan project financing yang akan direalisasikan melalui Memorandum of Understanding (MoU) pada 10 Desember 2014 nanti.

Untuk investasi, kata dia, peningkatan kapasitas lima kilang itu diperkirakan mencapai US$20 miliar sampai US$25 miliar yang berasal dari empat perusahaan asing tersebut.

Artikel ini ditulis oleh:

Eka