Jakarta, Aktual.co — Menteri ESDM Sudirman Said mengumumkan Amien Sunaryadi sebagai Kepala SKK Migas. Penetapan Kepala SKK Migas dinilai merupakan langkah kongkret untuk mengurai sumbatan-sumbatan yang ada di sektor migas.

“Tadi saya menerima naskah Kepres, memutuskan dua hal penting. Pertama, memberhentikan Rudi Rubiandini, kedua memberhentikan Johanes Widjonarko sebagai Plt SKK Migas. Kemudian ketiga, mengangkat Amin Sunaryadi sebagai Kepala SKK Migas,” kata Sudirman di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (19/11).

Menurut Sudirman, sosok Amin Sunaryadi merupakan sosok tepat untuk memimpin SKK Migas.

“Pak Amin seorang pejuang, SKK migas perlu diawasi oleh seorang yang memiliki semangat perjuangan mengembalikan kedaulatan energi kita. Tetapi lebih dari itu Pak Amin adalah seorang yang sangat kuat dalam membangun sistem. SKK Migas itu memerlukan perbaikan sistem, karena itu saya yakin orang seperti pak amin akan sangat tepat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, proses pemilihan kepala SKK Migas bermula dari Kementerian ESDM yang mengajukan lima nama kepada Ketua Komite Pengawas. Lalu setelah, Komite Pengawas melakukan pendalaman dan review yang ketat, kelima nama tersebut mengerucut menjadi dua nama, yang berasal dari internal dan eksternal SKK Migas.

“Kemudian Menteri ESDM mengirimlkan surat permohonan penetapan Kepala SKK Migas kepada Presiden, dimana setelah melalui berbagai pertimbangan dan masukan, ditetapkannya Amin Sunaryadi,” jelasnya.

Sebagai informasi, Amien Sunaryadi sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua KPK periode 2003-2007 dan juga merupakan mantan kepala Sub Direktorat Pengawasan Khusus Kelancaran Pembangunan pada Deputi Bidang Pengawasan Khusus BPKP.

Artikel ini ditulis oleh:

Eka