Jakarta, Aktual.co — Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meminta agar masyarakat tetap tenang karena pemerintah telah memastikan pasokan BBM cukup hingga akhir tahun.

“Pertamina sudah menjamin. Plt Dirut Pertamina bilang pasokan BBM cukup,” kata Sudirman ditemui di Kantor Ditjen Migas, Kuningan, Jakarta, Selasa (11/11).

Terkait adanya laporan soal konsumsi BBM di sejumlah daerah meningkat jelang rencana kenaikan harga BBM subsidi, seperti yang terjadi di NTT. Sudirman menilai bahwa hal itu terjadi karena efek panik terhadap rencana kenaikkan harga BBM subsidi.

“Ini suasana psikologis yang seharusnya masyarakat bisa lebih mengendalikan, stok cukup, nggak usah panik,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, melihat kondisi jatah BBM subsidi yang juga makin menipis, pemerintah telah menginstruksikan kepada Pertamina tetap memasok sesuai permintaan dan tidak ada pembatasan pasokan BBM ke SPBU, seperti yang pernah terjadi di September 2014.

“Pembatasan pasokan saya yakin tidak ada, sepanjang stok di SPBU ada. Pertamina akan terus supply, jadi biasalah dalam suasana seperti ini banyak spekulan dan segala macam, makanya, masyarakat nggak usah panik, tenang saja,” tutupnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Eka