Jakarta, Aktual.co —Sebanyak 75 puskesmas yang berada di bawah Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat (Jakbar) siap melayani peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo, Senin (3/11).

“Delapan puskesmas tingkat kecamatan dan 67 puskesmas tingkat kelurahan siap melayani peserta KIS karena program ini pada dasarnya sama seperti program-program kesehatan sebelumnya dari pemerintah,” kata Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Barat Widyastuti di Jakarta, Senin (3/11).

Ia menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan puskesmas-puskesmas di wilayahnya ketika program KIS mulai disosialisasikan pemerintah.

“Kami pun telah berkoordinasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) selaku penyelenggara KIS,” lanjut dia.

Menurut Widyastuti, semua kartu program kesehatan pemerintah sebelumnya seperti Kartu Jakarta Sehat, kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), hingga Jamkesmas dan Jamsostek masih berlaku untuk mendapatkan pelayanan masyarakat.

“Semua kartu-kartu itu masih berlaku jadi masyarakat tidak perlu bingung jika ingin berobat ke puskesmas,” ujar dia.

Namun, dia menambahkan, pihaknya masih mengharapkan sosialisasi yang lebih mendalam dari semua pihak terkait, termasuk BPJS selaku penyelenggara, mengenai petunjuk teknis yang lebih detail tentang pelaksanaan program KIS.

“Untuk sosialisasi saat ini kami rasa cukup. Namun kami berharap ada informasi tentang petunjuk teknis yang lebih detail di tingkat puskesmas,” tuturnya.

Kartu Indonesia Sehat (KIS) diluncurkan secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (3/11) di Kantor PT Pos Indonesia Jakarta Pusat.

Pada hari pertama, sebanyak 600 kepala keluarga kurang mampu di daerah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Jakarta Selatan telah mendapatkan kartu yang diterbitkan oleh BPJS ini.

Pemerintah sendiri menargetkan dalam dua bulan ke depan sebanyak dua juta orang masyarakat miskin dapat menikmati layanan KIS.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Andy Abdul Hamid