Jakarta, Aktual.co — Tokopedia yang merupakan toko jual beli online Indonesia mendapatkan investasi 100 Juta dolar AS atau sekitar Rp1,2 trilun dari SoftBank Internet and Media & Sequoia Capital.

“Investasi ini akan menjadi investasi pertama dengan nilai sebesar 100 juta dolar AS dan investasi terbesar yang pernah diterima perusahaan internet asal Indonesia dan Asia Tenggara. Setidaknya untuk yang pernah diumumkan ke publik,” kata Executive Public Relation Tokopedia, Fauzia di Jakarta, ditulis Aktual, Kamis (23/10).

Ia mengatakan ini merupakan sejarah baru untuk perusahaan internet asal Indonesia dan ia berharap setelah ini, reputasi perusahaan internet Indonesia dapat meningkat.

“Investasi ini merupakan investasi pertama SIMI untuk perusahaan internet asal Indonesia, demikian juga merupakan investasi pertama Sequoia Capital di Indonesia,” kata dia.

SoftBank sendiri merupakan investor terbesar dari Alibaba di China, Yahoo Japan, Supercell (perusahaan game di balik “Hay Day” dan “Clash of Clans”).

Sementara Sequoia Capital merupakan investor awal di Apple, CISCO, Oracle, Yahoo, Google, Linkedin, Youtube, WhatsApp, dan Instagram.

Ia menabahkan sebelumnya tokopedia konsisten mendapatkan investasi setiap tahunnya, pada 2009 mereka mendapatkan investasi dari PT Indonusa Dwitama, kemudian 2010 dari East Ventures, tahun 2011 dari CyberAgent Ventures, dari BEENOS pada 2012 , SB Pan Asia Fund pada 2013 dan tahun ini dari Softbank Internet and Media dan Sequoia Capital.

Ia berharap dengan adanya investasi ini, perusahaan online Indonesia dapat meningkat reputasinya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Eka