Jakarta, Aktual.co — Harga Patokan Ekspor (HPE) produk pertambangan hasil pengolahan yang dikenakan Bea Keluar (BK) periode Juni 2015 mengalami kenaikan dikarenakan fluktuasi harga internasional.

“HPE produk pertambangan mulai mengalami kenaikan. Fluktuasi harga internasional menyebabkan naiknya HPE produk pertambangan hasil pengolahan,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Partogi Pangaribuan, dalam siaran pers yang diterima, Kamis (28/5).

Partogi mengatakan, penetapan HPE periode Mei 2015 ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 37/M-DAG/PER/5/2015, tertanggal 25 Mei 2015, dimana hampir seluruh produk pertambangan mengalami kenaikan cukup signifikan.

Menurut Partogi, penetapan HPE periode Juni ini ditetapkan setelah memperhatikan berbagai masukan tertulis dan koordinasi dari berbagai intansi terkait.

Sejumlah produk pertambangan hasil pengolahan yang dikenakan BK adalah konsentrat tembaga, konsentrat seng, konsentrat timbal, konsentrat besi, konsentrat mangan, konsentrat ilmenite, serta konsentrat titanium lainnya.

Perhitungan harga dasar HPE untuk konsentrat besi dan mangan bersumber dari Asian Metal, sedangkan konsentrat tembaga, konsentrat timbal, serta konsentrat seng berdasarkan bersumber dari London Metal Exchange (LME).

Produk konsentrat tembaga dengan kadar Cu lebih besar atau sama dengan 15 persen dengan harga rata-rata 1.694,80 dolar AS/WMT atau naik sebesar 2,62 persen, konsentrat bijih besi hematit, magnetit, pirit dengan kadar Fe lebih besar atau sama dengan 62 persen dengan harga rata-rata 40,43 dolar AS/WMT naik 17,12 persen.

Untuk konsentrat bijih besi gutit atau laterit dengan kadar Fe lebih besar atau sama dengan 51 persen dan Al2O3 +SiO3 lebih besar atau sama dengan 10 persen dengan harga rata-rata 14,60 dolar AS/WMT naik 5,43 persen.

Sementara konsentrat seng Zn lebih besar atau sama dengan 52 persen dengan harga rata-rata 580,52 dolar AS/WMT naik 14,37 persen; dan konsentrat timbal Pb lebih besar atau sama dengan 57 persen dengan harga rata-rata 849,19 dolar AS/WMT naik 9,27 persen.

Sedangkan produk yang tidak mengalami perubahan harga dibandingkan HPE Periode sebelumnya adalah konsentrat mangan Mn lebih besar atau sama dengan 49 persen, konsentrat ilmenite, dan konsentrat titanium.

Artikel ini ditulis oleh:

Eka