Jakarta, Aktual.co — Ketua Majelis Bamus Betawi H. Zainuddin atau yang akrab disapa Haji Oding, mengatakan dalam rangka menyikapi Perpu 23 Tahun 2014 dimana ada kebebasan Gubernur dalam menentukan wakilnya, Bamus Betawi akan mengajukan beberapa nama-nama calon wakil Gubernur yang akan diberikan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang sebentar lagi menjadi Gubernur DKI.
Menurutnya, hal tersebut dapat menghilangkan resistensi dari kekecewaan masyarakat Betawi selama ini agar diberikan kesempatan mendapatkan posisi terhormat menjadi pemimpin masyarakat Jakarta.
“Iya Dalam rangka menyikapi Perpu 23 tahun 2014 yang dimana ada semacam kebebasan Gubernur menentukan wakilnya, ya sebagai kaum betawi yang tumpah darahnya di Jakarta, penduduk asli, juga diberikan penghargaan dalam posisi yang terhormat menjadi pimpinan masyarakat Jakarta, juga mampu mengurangi resistensi mengurangi kekecewaan masyarakat betawi selama ini,” kata Haji Oding saat ditemui Aktual.co, di kawasan Ancol,Jakarta Utara, sabtu (18/10)
Haji Oding pun menambahkan, mengingat pemerataan tugas DKI Jakarta yang cukup berat, Bamus akan mengusulkan agar Wakil Gubernur DKI Jakarta ditambah menjadi 2 orang.
“Kita akan mengajukan nama-nama yang akan kita tentukan kemudian. Dan barangkali membaca juga situasi. Maka dalam rangka pembagian dan pemerataan tugas yang cukup berat di Jakarta, kiranya patut dipertimbangkan agar wakil gubernur ada 2 orang,” pungkas Haji Oding
Sebelumnya H.Oding yang juga merupakan yang juga ketua Fraksi partai Golkar DPRD DKI Jakarta mengatakan pada saat sidang paripurna DPRD DKI perihal pandangan Fraksi dalam pemberhentian dan pengunduran diri Gubernur DKI Joko Widodo, 2 oktober lalu. agar mekanisme proses pelantikan Wakil Gubernur sebagai Gubernur dipercepat dan untuk bakal calon wakil Gubernur Fraksi Golkar menyerahkan penuh kepada kedua partai pengusung yakni Gerindra & PDI.P.
” Jadi fraksi Golkar berharap proses pelantikan Gubernur baru di percepat, ya untuk calon kita serahkan pada kedua partai pengusung,” kata Haji Oding bulan lalu