Jakarta, Aktual.co — Kepala mekanik tim Red-Bull Racing, Christian Horner, mengatakan bahwa keberadaan mesin pendingin di mobil Formula One (F1), sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kecepatan mobil yang maksimal.

Seperti diketahui, para mekanik dari masing-masing tim F1, telah mengadakan sebuah pertemuan guna membicarakan terobosan mesin pendingan yang akan dipakai dalam gelaran balap musim 2015 nanti.

Dari hasil pertemuan tersebut, kebijakan mesin pendingin itu telah disepakati bersama. Namun, masih berbenturan dengan biaya pengadaan mesin tersebut. Meski begitu, tim Mercedes sempat mencoba manfaat mesin itu pada gelaran balap di sirkuit Sochi, Rusia, minggu lalu.

“Untuk F1, mesin tersebut sangat penting. Anda bisa lihat ketika Rosberg memakainya di Rusia. Kemampuannya (mesin pendingin) memang belum maksimal, tapi lihat dampaknya,” kata Horner, seperti dilansir Crash.net, Jumat (17/10).

Selain itu, Horner juga menghimbau kepada tim-tim besar lainnya, seperti Ferrari, Honda serta Renault, agar melihat dengan benar bagaimana kerja mesin nantinya. Menurutnya, jika tim-tim lainnya tidak mengikuti jejak Mercedes, kelangsungan hidup mereka di F1 tidak akan meningkat.

“Mercedes memang berada satu tingkat di atas kami. Tapi, saya yakin jika tim lainnya bisa menutupi kesenjangan itu. Agar kita tidak dalam posisi yang sangat stagnan,” pungkasnya.

Artikel ini ditulis oleh: