Jakarta, Aktual.co — Ketua Umum Pencak Silat Merpati Putih, Taufan E.N Rotorasiko, mendukung langkah pemerintah Indonesia, melalui Menpora RI, Roy Suryo, dalam menjadikan Pencak Silat sebagai salah satu warisan budaya tak benda oleh UNESCO, serta dimasukkannya Pencak Silat sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade 2024.

Taufan mengatakan Pencak Silat adalah salah satu warisan ilmu beladiri karya nenek moyang Indonesia asli. “Olah raga pencak silat bertujuan menempa kepribadian anggota-anggotanya agar berwatak dan berkepribadian luhur, berbudi, kuat, harmonis, dinamis serta patriotis, sesuai filsafat Indonesia, yaitu Pancasila,” ungkap Taufan, melalui siaran persnya yang diterima Aktual.co di Jakarta, Rabu (15/10).

Selain Spanyol, kata Taufan, olahraba pencak silat juga digemari di Inggris. Terbukti dengan digelarnya turnamen pada musim gugur, yang digelar di Arena Queens Park London.

“Film Pencak Silat dari Indonesia yang berjudul Raid yang diputar di gedung film di Inggris, mendapat sambutan masyarakat Inggris,” ungkap Taufan.

Seperti diberitakan Aktual.co sebelumnya, pihak pemerintah, yang diwakili Kemenpora, menandatangani kerja sama dengan pemerintah Spanyol untuk mengembangkan cabang olahraga pencak silat.

Penandatanganan kerjasama itu, berisi kerja sama Olahraga dan promosi cabang olahraga Pencak Silat pada 30 September-1 Oktober 2014 di Madrid, Spayol.

Dari pihak Indonesia diwakili oleh Menpora, dari pihak Indonesia dan Sekretaris Negara Bidang Olahraga, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga, merangkap Ketua Dewan Tinggi Olahraga Spayol, Dr. Miguel Cardenal Carro.

Penandatanganan MoU juga disaksikan oleh Dubes RI Madrid, Yuli Mumpuni Widarso; Dirjen Olahraga pada Dewan Tinggi Olahraga, Ana Muñoz; serta atlet bulu tangkis Spanyol, Carolina Marín, yang pernah menjuari Kejuaraan Badminton Eropa dan Dunia 2014.

Artikel ini ditulis oleh: