Medan, Aktual.com – Menghadapi Pilkada serentak 2015, DPW Partai NasDem Sumut mendeklarasikan tujuh bakal calon (balon) kepala daerah dari 23 kabupaten kota yang akan menggelar pilkada serentak Desember mendatang.

Sekretaris DPW Nasdem Sumut Iskandar ST menyebutkan ke-7 pasang balon kepala daerah itu masing-masing, Teddy Robinson Siahaan dan Zainal Purba untuk pasangan walikota dan wakil walikota Siantar. Lalu, Raun Sitanggang dan Pardamean Gultom untuk Kabupaten Samosir, Marganti Manullang dan Ramses Purba untuk Kabupaten Humbang Hasundutan.

Selanjutnya, Darwin Siagian dan Hulman Sitorus untuk Kabupaten Toba Samosir, Idealisman Dachi untuk Kabupaten Nias Selatan sebagai balon Bupati. Martinus Lase sebagai balon walikota gunung sitoli dan Syarfi Hutauruk untuk balon Walikota Kota Sibolga.

Ketua DPW Nasdem Sumut, Tengku Erry Nuradi mengatakan sebagai partai pertama yang membuka pendaftaran balon kepala daerah, pihaknya menekankan pada 3 aspek yakni, Popularitas, akseptablitas dan elektabilitas,

“Yang berdasarkan lembaga survey yang tidak diragukan lagi,” terang Erry.

Selain itu, menurut Erry, dalam menjaring para balon yang diusung, pihaknya mengedepankan aspek track record, yakni bersih dari korupsi.

“Persyaratan penting ini, baru partai Nasdem yang melakukannya. Apa itu? Sebulan lalu, kami mengajukan 130 nama balon kepala daerah, untuk diminta klarifikasinya apakah balon tersebut ada tersangkut masalah tindak pidana, apakah tindak pidana umum atau khusus,” katanya.

Sementara itu, Korwil DPP Nasdem Sumut Martin Manurung mengklaim, dalam menjaring bakal calon kepala daerah, Partai Nasdem tidak menerapkan sistem mahar kepada para balon.

“Karena itu perintah DPP. Kita tidak ada mahar,” katanya.

Artikel ini ditulis oleh: