Jakarta, Aktual.com — Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya menyatakan bahwa pihak akan memberikan diskon sebesar 50% bagi maskapai penerbangan yang dapat membawa wisatawan asing ke Tanah Air.

“Namun, hanya untuk destinasi yang baru, misalnya Kuching-Kualanamu. Kalau destinasi yang sudah ada, diskonnya tidak 50%. Berapanya masih dikaji,” kata Budi saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, ditulis Jumat (3/7).

Menurutnya, pemberian diskon juga berlaku untuk maskapai yang mengajukan penambahan penerbangan dan pertumbuhan penumpang. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan turis ke Indonesia.

“Intinya, kita memberikan sebesar-besarnya kemungkinan diskon bagi maskapai yang membawa wisatawan banyak, namun kita juga tetap mempertahankan going concern agar bisa terjaga dengan baik,” paparnya.

Terkait pengajuan pengurangan biaya yang diajukan oleh CEO AirAsia Tony Fernandes, Budi juga menegaskan bahwa pihaknya akan memberlakukan format yang ada. Dengan kata lain, AirAsia akan diberi diskon 50% apabila membuka destinasi baru atau menambah rute perjalanan.

“Bukan hanya untuk AirAsia, namun berlaku untuk seluruh maskapai di bandara-bandara tertentu. Jika maskapai dapat meningkatkan turis ke Indonesia, maka kita akan kasih diskon,” jelas dia.

Kendati demikian, final format kerjasama akan didiskusikan terlebih dahulu dengan pihak AirAsia.

“Kita sudah punya format. pengurangan biaya bisa kita berikan ke maskapai, namun finalnya akan kita diskusikan dan bicarakan dengan pa Tony Fernandes,” tutupnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Eka