Jakarta, Aktual.com — Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsudin ingin menghimpun ide dan pemikiran para intelektual, yang berasal dari organisasi yang berdiaspora di berbagai kelembagaan pemerintah maupun non pemerintah.

“Kami ingin memanggil pulang mereka yang memiliki rasio, intelektualitas dan mampu membaca masyarakat, untuk memberikan solusi serta pencerahan kepada masyarakat,” katanya di Jakarta, Minggu (5/7).

Din mengatakan hal tersebut dalam acara “Silaturahim Intelektual Muhammadiyah” yang mengambil tema “Gerakan Pencerahan Menuju Indonesia Berkemajuan” dengan tujuan untuk menjelang Muktamar ke-47 di Makassar.

Selain itu, dia mengatakan bahwa organisasinya akan mengembangkan jejaring dengan mereka yang berada di luar lingkaran Muhammadiyah. “Kita ke depan menghadapi tantangan zaman, pembangunan jejaring perlu untuk mengikatkan diri dalam sebuah gerakan bersama untuk Indonesia berkemajuan,” kata Din.

Dia juga menjelaskan bahwa apa yang dilakukan Muhammadiyah harus tetap bertumpu pada humanisme. Hadir dalam sarasehan tersebut antara lain Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Perindustrian Saleh Husin, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Wisnu