Jakarta, Aktual.com – Anggota Panitia Seleksi KPK Yenti Ganarsih mengatakan akan kembali menggelar tes bagi peserta yang lolos seleksi tahap pertama calon pimpinan KPK.

“Besok, kita undang mereka yang lulus mulai pukul 09.00 WIB-15.30 WIB, ada test objektif dan makalah,” ucap Yenti, di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (7/7).

Menurut dia, tes seleksi yang akan digelar di gedung Pusdiklat Sekertariat Negara, Jalan Gaharu No 1 Cipete, Jakarta Selatan, mewajibkan peserta membuat makalah dengan tema pemberantasan korupsi.

“Pengetahuan tentang korupsi. Kemudian urgensinya serta tugas dan kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)‎. Jangan jadi calon tapi enggak tahu (apa-apa),” ujar dia.

Untuk diketahui, Pansel KPK telah mengumumkan 194 orang pendaftar yang lolos seleksi calon pimpinan KPK tahap awal. Dari 194 nama tersebut ada nama yang tak asing lagi di masyarakat, yakni mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie, juga Plt Pimpinan KPK Johan Budi SP.

Selain itu, dari kalangan politikus ada nama Ahmad Yani yang bernaung di PPP. Sementara dari unsur TNI ada nama Mayjen TNI (Purn) Hendardji Supandji.

Dari kalangan Polri juga cukup banyak yang lolos seleksi tahap awal. Mereka adalah Kombes Pol (Purn) Basuki, Irjen Pol (Purn) Rudiard M L Tampubolon, Irjen Pol Syahrul Mamma, Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende, dan Brigjen Pol Basaria Panjaitan.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Novrizal Sikumbang