Malang,Aktual.com – Memiliki hunian yang nyaman merupakan idaman setiap orang. Apalagi jelang hari raya Idul Fitri, dimana keberadaan rumah yang nyaman bisa menjadi wadah kumpul keluarga di hari yang suci.

Mistin (68), Warga Jalan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, sangat beruntung, sebab kini ia dan keluarga memiliki rumah dengan bangunan baru.

Ia mengatakan, selama berpuluh tahun tinggal di rumah yang tidak layak dengan bangunan terbuat dari gubuk. Rumah huniannya juga tidak memilki saluran air minum dan MCK sebagaimana mestinya.

Mendapat bantuan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Mistin kini memiliki rumah ideal, meski ukurannya masih kecil.

“Alhamdulilah saya senang rumah saya bisa dibangun, apalagi jelang hari raya,” kata Mistin, Selasa (7/7).

Ditambahkan, selama ini ia kesulitan untuk MCK karena dirumahnya tidak ada saluran air. Guna melaksanakan hajatnya itu, Mistin dan keluarga harus jalan turun sejauh 150 meter hanya untuk mandi dan aktifitas lainnya.

“Sekarang ada saluran air dan kami merasa sangat senang sekali,” beber dia.

Sementara, Direktur Utama PDAM, Jemianto, mengaku, program bedah rumah merupakan bentuk penyaluran dana corporate social responsibility (CSR).

“Ada 8 rumah tahun ini yang kami bedah, setiap rumah anggarannya Rp20 juta,” kata Jemianto.

Bedah rumah, kata dia, dilakukan secara marathon dalam waktu satu bulan agar masyarakat bisa menikmati rumah baru pada saat hari raya Idul Fitri.

“Kami juga berharap agar warga Kota Malang mendapat pelayanan air bersih yang baik,” tandasnya

Artikel ini ditulis oleh: