Merak, Aktual.com – Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, pada H-9 atau Kamis (9/7), masih normal dan belum terlihat lonjakan pemudik yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

“Kami memprediksikan lonjakan penumpang pemudik lebaran 2015 akan terjadi pada H-7 atau Sabtu (11/7),” kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo saat dihubungi, Kamis.

Ia mengatakan, saat ini jumlah penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan masih normal dan belum terlihat lonjakan pemudik.

Selain itu juga arus perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung juga berjalan lancar.

Kemungkinan puncak pemudik terjadi H-3 lebaran ke berbagai daerah di Pulau Sumatera.

“Kami terus meningkatkan pelayanan agar semua penumpang yang akan merayakan lebaran terangkut dan selamat sampai tujuan,” katanya.

Ia menyebutkan ASDP Merak mengoperasikan 30 kapal ferry untuk perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni sebanyak 94 trip.

Disamping itu juga kegiatan bongkar muat di pelabuhan begitu cepat dengan mengoptimalkan lima dermaga.

“Kami berharap setiap 20 menit bisa diseberangkan sehingga bisa mengatasi kemacetan kendaraan juga penumpukan penumpang,” katanya.

Menurut dia, saat ini sebagian besar penumpang masih didominasi angkutan berat, seperti truk ekspedisi yang mengangkut barang-barang kebutuhan sembilan bahan pokok.

Namun, pihaknya akan melarang truk melintasi pelabuhan pada H-4 lebaran.

“Kami berharap larangan truk itu bisa memperlancar pemudik untuk merayakan lebaran di kampung halamannya,” katanya.

Artikel ini ditulis oleh: