Sachsenring, Aktual.com – Legenda balap motor asal Italia, Valentino Rossi beranjak ke Sachsenring untuk MotoGP Jerman pada Minggu (12/7), di mana berhasrat untuk mencatatkan kemenangan pertamanya di sirkuit terkenal itu sejak 2009 dan mengambil langkah berikutnya untuk meraih gelar dunia kesepuluh di semua kategori.

Pebalap Yamaha berusia 36 tahun itu kembali ke penampilan terbaiknya dua pekan silam, ketika ia memenangi duel menegangkan melawan juara dunia bertahan Marc Marquez di MotoGP Belanda dan mengakhiri laju empat kemenangan beruntun rekan setimnya Jorge Lorenzo.

Kemenangan itu membuat Rossi meraih kemenangan ketiganya musim ini dan keunggulan sepuluh angka atas Lorenzo ketika ia mengejar mahkota MotoGP ketujuhnya.

Rossi memang tanpa kemenangan di Sachsenring sejak 2009 — terakhir kali ia meraih kemenangan dari empat koleksi kemenangannya di sirkuit itu — namun ia finis di peringkat keempat di sirkuit itu pada tahun lalu, dan naik podium dengan mengamankan peringkat ketiga pada 2013.

“Saya siap untuk Sachsenring dan akan menjalani balap akhir pekan ini dengan pola pikir yang gembira,” kata Rossi, seperti dikutip dari AFP, Kamis (9/7).

“Memiliki keunggulan tujuh angka setelah delapan balapan bukan hal buruk, sekarang kami pergi ke Jerman dan akan sangat enting untuk merekonfirmasi ulang betapa kompetitifnya kami,” tambahnya.

Rossi menduga, saingannya dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, akan mencoba untuk kembali pada jalur yang benar di Jerman nanti. Dan Rossi mengaku sudah mengantisipasi kebangkitan rivalnya tersebut.

“Marquez kemungkinan akan bangkit pada beberapa balap mendatang dan kami harus sangat berhati-hati dengan dia,” ungkapnya.

“Di Sachsenring, tujuan pertama saya untuk kembali bekerja seperti yang kami lakukan di Belanda, dimulai dari latihan bebas pertama,” tekadnya.

Artikel ini ditulis oleh: