Riau, Aktual.com – Polda Riau pastikan jalan lintas Riau-Sumatera Barat dalam keadaan baik dan aman dilalui pemudik Lebaran.

Kepastian itu disampaikan setelah Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan lakukan peninjauan jalur mudik sepanjang jalan litnas Riau-Sumatera Barat di Kabupaten Kampar, Sabtu (11/7).

“Dari peninjauan tersebut kita pastikan jalur mudik aman karena perbaikan jalan telah selesai dilaksanakan sementara rambu-rambu cukup untuk menuntun pemudik menggunakan jalur tersebut,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, di Pekanbaru, Sabtu (11/7).

Peninjauan jalur mudik yang diperkirakan merupakan salah satu jalur sibuk tersebut dimulai dari perbatasan Pekanbaru-Kampar yakni di Rimbo Panjang, KM 98 Tanjung Alai hingga kelok Indah.

Sementara itu di jalur mudik lainnya yang masih dalam tahap perbaikan, Guntur menjelaskan bahwa jalur tersebut bebas dari pungutan liar.

“Saya pastikan tidak ada lagi pungli, karena sebelumnya kita telah melaksanakan giat Cipta Kondisi sebelum Operasi Ketupat 2015,” tegasnya.

Untuk memastikan hal tersebut, ia mengatakan akan kembali melakukan pemeriksaan dalam satu hari ke depan, namun dirinya percaya jalur mudik sudah “dibersihkan” dari kegiatan pungutan liar (Pungli).

Menurutnya, daerah yang rawan kegiatan Pungli adalah jalur mudik padat seperti dari Riau menuju ke Sumatera Utara.

Selain itu, daerah rawan Pungli juga rentan terjadi di jalur mudik yang masih dalam kondisi perbaikan, seperti di Duri, Kabupaten Bengkalis dan Pelalawan.

Jajaran Kepolisiam Daerah Riau mengerahkan sebanyak 2.192 personil yang disebar di 52 pos pengamanan dan 30 pos pelayanan selama arus mudik hingga arus balik Idul Fitri 1436 H. “Terdapat 2.192 personel yang disebar ke seluruh Riau dalam Operasi Ketupat 2015,” ujarnya.

Ia menjelaskan jumlah tersebut masih akan diperkuat dengan 1.575 dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan dan TNI.

Menurutnya, dalam operasi yang akan digelar selama 16 hari terhitung sejak 10 Juli hingga 25 Juli 2015 tersebut diharapkan dapat mewujudkan kondisi yang aman kepada masyarakat dalam rangka merayakan Idul Fitri 1436 H.

Artikel ini ditulis oleh: