Banten, Aktual.com – Sebanyak 3.000 unit kendaraan pribadi diseberangkan lewat Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten di H-6 atau Sabtu (11/7).

Jumlah itu meningkat 100 persen dibandingkan sehari sebelumnya mencapai 1.500 unit.

“Semua kendaraan pribadi terlayani dengan baik dan bisa diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung,” kata Bagian Humas PT ASDP Merak Marioa Sardadi Oetomo di Merak, Sabtu (11/7).

Pemudik berkendaraan tersebut berdatangan sejak siang hingga malam hari memadati lima dermaga Pelabuhan Merak. Diprediksikan pemudik kendaraan pribadi terus berdatangan hingga dinihari.

Sebab pemudik hingga kini mereka menyeberang memilih pada malam hingga dinihari dengan alasan cuaca dingin.

Karena itu, kondisi Pelabuhan Merak selalu padat penumpang pejalan kaki maupun arus kendaraan pribadi.

“Kami memperkirakan penumpang pada H-6 bisa mencapai 30.000 orang dan terjadi kenaikan sekitar 50 persen dibandingkan hari sebelumnya mencapai 15.000 orang,” katanya.

Menurut dia, ASDP Merak hingga kini belum menambah armada Kapal Ro-Ro untuk penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung karena masih bisa terlayani 27 armada kapal tersebut.

Kemungkinan ASDP akan menambah kapal yang dioperasikan jika jumlah penumpang terus berdatangan hingga terjadi penumpukan penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan.

“Kami akan mengoperasikan 30 kapal jika terjadi kepadatan pemudik yang akan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung,” ujarnya.

Ia menyebutkan, lonjakan pemudik akan terjadi Rabu (15/7) karena sudah memasuki liburan aparatur sipil negara (ASN), BUMN dan perusahaan swasta.

Saat ini, meskipun terjadi peningkatan pemudik, tetapi kondisi Pelabuhan Merak berjalan lancar dan normal.

“Kami mengimbau pemudik jika menyeberang sebaiknya berangkat siang hari karena arus lalu lintas lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang,” katanya.

Artikel ini ditulis oleh: