Jakarta, Aktual.com — Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan awal pekan pagi ini dibuka di zona positif. IHSG naik sebesar 3,87 poin atau 0,08 persen menjadi 4.862,91, sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak menguat 0,99 poin (0,12 persen) menjadi 830,81.

Kepala Riset Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya mengatakan bahwa capital inflow mulai kembali terlihat, dan memberikan nuansa cerah dalam pergerakan IHSG yang sedang rebound.

“Potensi untuk menguat lebih tinggi masih terbuka cukup lebar, di tengah penegasan pemerintah tentang kondisi perekonomian dalam negeri yang sedang bertumbuh ,” kata William dalam risetnya, Senin (13/7).

Pada perdagangan hari ini, Senin (13/7), Asjaya Indosurya Securities memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak di kisaran 4.826 – 4.983.

Ia menuturkan bahwa meski (pertumbuhan IHSG) melambat, akan tetapi tidak mengalami kemunduran. Menurutnya, hal ini perlu dicamkan di dalam diri masing-masing investor, khususnya investor lokal. Pasalnya, proses yang berjalan adalah menuju ke arah yang lebih baik, begitupula yang terjadi pada pergerakan IHSG, tekanan yang terjadi dapat dimanfaatkan sebagai peluang melakukan akumulasi beli.

“Target resistance berada pada level 4.983 dengan support 4.826. IHSG hari ini berpotensi melanjutkan rebound,” tandasnya.

Kompak dengan laju IHSG, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada pagi ini juga bergerak positif. Mata uang Garuda dibuka menguat dua poin menjadi Rp13.303 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.305 per dolar AS.

Artikel ini ditulis oleh: