Jakarta, Aktual.com – Idul Fitri 1436 Hijriyah, diperkirakan tinggal dua hari lagi (H-2). Dan pada hari kemenangan itu, umat Muslim disunnahkan untuk melakukan Shalat Ied pada pagi harinya, yakni pada 1 Syawal.

Dalam prakteknya, banyak tempat dijadikan untuk menggelar sholat sunnah tersebut, seperti lapangan dan tentunya masjid-masjid.

Pada kesempatan ini, redaksi Aktual.com, menghimpun beberapa masjid di wilayah Jakarta Timur yang biasa menggelar sholat sunnah Hari Raya Idul Fitri, masjid-masjid tersebut adalah:

Masjid Agung At-Tin TMII.
Masjid yang mulai dibangun pada April 1997 ini menempati area tanah seluas 70.000 meter persegi dengan kapasitas sekitar 9.000 orang di dalam masjid dan 1.850 orang di selasar tertutup dan plaza. Pembangunan Masjid At-Tin selesai pada tahun 1999 dan dibuka secara umum pada tanggal 26 November 1999. Alamat Lengkapnya Ada Di Jalan Raya Taman Mini Pintu 1 Taman Mini Kelurahan Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur.

Masjid Diponogoro TMII.
Masjid Pangeran Diponogoro adalah rumah ibadah umat islam di area TMII yang dapat digunakan oleh pengunjung maupun masyarakat sekitar untuk menjalankan ibadah shalat dan kegiatan lain seperti perayaan hari besar, kajian agama, dan belajar al-quran. Masjid ini berdiri di atas lahan 2.850 m2 dengan luas bangunan 760 m2 dan terdiri dari dua lantai. Lantai satu untuk para jamaah, tempat wudhu, kamar mandi, ruang tunggu, perpustakaan, gudang dan dapur, sedangkan lantai dua tempat imam, khatib, mihrab, serta menara berbentuk kubah berketinggian 26 meter untuk mengumandangkan adzan.

Masjid Raya Jakarta Islamic Center
Masjid ini memiliki banyak ruang kelas, sehingga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan acara islami dan kegiatan positif lainnya. selain itu, Masjid ini sangat megah dan indah.

Masjid Baitussalam Pondok Kelapa
Masjid ini tidak jauh dari perumahan Billy & Moon, di kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Masjid ini menjadi terkenal karena telah bertahun-tahun menjadi masjid yang konon katanya ada mesin waktunya lewat film berjudul Lorong waktu masjid ini pun menjadi favorit para warga sekitarnya.

Artikel ini ditulis oleh: