Jakarta, Aktual.com – Presiden Joko Widodo mengutuk aksi kekerasan terhadap umat muslim Tolikara. Selain itu, dirinya meminta aparat penegak hukum menegakkan hukum atas pelaku tindak kekerasan tersebut.

“Saya mengutuk keras pembakaran dan tindak kekerasan di Tolikara tersebut. Selain itu “Saya jamin, hukum akan ditegakkan setegak-tegaknya, bukan hanya untuk pelaku kriminal di lapangan tetapi juga semua pihak yang terbukti mencederai kedamaian di Papua. Masalah ini harus diselesaikan secepatnya agar ke depan tidak terjadi lagi kekerasan di Tanah Papua,” tulis Presiden dalam akun Facebook Presiden Joko Widodo, Senin (20/7).

Presiden Jokowi menjelaskan saat insiden Tolikara terjadi, ia langsung perintahkan Menkopolhukam, Kapolri, Kepala BIN agar segera turun ke lapangan dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

“Termasuk menemui para ketua adat dan tokoh agama untuk mengambil inisiatif perdamaian demi terjaganya Papua sebagai Tanah Damai,” demikian Jokowi.

Artikel ini ditulis oleh: