Banda Aceh, Aktual.com —Tiga kecamatan yang berada di Aceh saat ini dilanda kekeringan. Dari ketiga kecamatan yang dilanda kekeringan yakni Kecamatan Lhoksukon, Baktiya Barat dan Kecamatan Cot Girek di Kabpaten Aceh Utara. Informasi yang dihimpun Aktual.com, Minggu (26/7) menyebutkan kemarau panjang di kawasan itu mengakibatkan sumur warga kering. Bahkan untuk mandi dan mencuci saja warga kesulitan.

Kepala Desa Blang Aman Kecamatan Lhoksukon Muhammad Thaib untuk kebutuhan mandi dan mencuci saja mereka terpaksa menggunakan air payau atau air sungai terdekat.

“Meskipun kondisi air sungai keruh dan berbau, sejumlah masyarakat tetap memanfaat air tersebut karena tidak ada piliha lain. Bahkan ada juga sebagian masyarakat yang meminum air sungai tersebut, karena tidak sanggup membeli air,” sebut Muhammad.

Disebutkan, sebagian warga yang mampu membeli air dalam tangki besar untuk dimasukkan ke dalam sumur. Muhammad meminta agar Pemkab Aceh Utara membantu distribusi air bersih di kecamatan tersebut.

Kepala Humas Aceh Utara, Amir Hamzah menyebutkan pihaknya segera mengatasi krisis air bersih itu. “Dalam waktu secepat mungkin bupati segera memanggil dinas terkait untuk mengatasi kekeringan itu. Bahkan, direncanakan bupati akan meninjau langsung lokasi yang dilanda kemarau itu,” pungkasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Andy Abdul Hamid